Apa Itu Ilmu Nafi


Dalam naskah pemikiran  KH.Badri Mashduqi yang berjudul, “Apa itu Ilmu Nafi’ ?” disebut bahwa ” Ilmu Nafi’ ” itu ada 5 macam:

1. Ilmu yang membawa Sa’ad ad-Darain dan wara’ di dalam bab halal dan haram;

Bahwa ilmu yang bermanfaat atau berguna adalah ilmu itu bisa membawa kebahagiaan kita, bahagia di dunia maupun bisa membawa kebahagiaan di akhirat (Sa’ad Darain). Terutama menurut Kiai Badri dlm hal ini, bagaimana kita menjaga dgn hati-hati (yakni kita harus wara’) terhadap hal-hal yang berhubungan dgn perkara yang haram dan yang halal.

2. Ilmu nafi’ itu adalah ilmu yang mendahulukan Fafdlu ‘Ain sebagai dasar pokok sebelum Fardlu Kifayah, Nawafil dan Mubahat;

Dlm pengertian poin kedua ini bahwa ilmu yang dikatakan berguna atau manfaat adalah ilmu kita lebih mendahulukan kewajiban setiap pribadi muslim (Fardlu ‘Ain), seperti kewajiban kita melaksanakan shalat yang lima waktu, puasa di bulan Romadlan, dan kewajiban zakat serta haji bagi yang mampu.

Baru kemudian tugas kita melangkah pada yang amaliah-amaliah yang sunnah (Nawafil) serta yang diperbolehkan oleh ajaran agama kita (Mubahat). Termasuk hidup bermasyarakat (Kifayah).

3. Ilmu Nafi’ itu adalah ilmu yang tujuan pokoknya yaitu  mengejar hidayah.

“Ilmu dan hidayah seperti gula dan manisnya, tidak mungkin dapat dipisah”;

Di poin ketiga ini, berkaitan dgn hidayah yang datang dari Allah, yang dlm hal ini, kita jangan merasa bangga dgn keilmuan yang kita punya, jabatan yang disandangnya, harta yang walaupun berlimpahruah, mobil mengkilat, istri cantik memikat atau suami ganteng, gagah dan hebat. Sebab itu semua adalah titipan dari Allah. Jadi kita sebenarnya tidak kuasa, karena itu jangan bangga dan sombong terhadap apa yang kita miliki. Karena itulah, kehebatan ilmu harus dimbangi dgn riyadhoh, taqarrub (dekat) kpd Allah SWT. Berdoalah kita semoga selalu dpt hidayah dari-Nya, semoga kita Husnul Khotimah. Amin.

4. Ilmu Nafi’ itu adalah ilmu yang memadukan akidah, syari’at dan tasawuf tanpa mempretel-preteli satu dari yang lain.

“Fiqih tanpa tasawuf hanya akan melahirkan al-Fiqh ad-Dhar dan ulama’ ad-Dun-ya. Tasawuf tanpa syari’at hanya akan melahirkan orang-orang kebatinan”;

Pengertian ini bahwa ilmu yang berguna atau bermanfaat yaitu ilmu yang komprehensif (mencakup) antara Akidah atau ilmu Tauhid sebagai wujud keimanan kita; syari’at, yakni yang berkaitan kewajiban kita sbg umat beragama (Islam), misal shalat, dlsb; dan tasawuf, yakni yang berkaitan dgn gerak batin kita, misal kita sabar, tabah, ikhlas, tdk fitnah, dlsb.

Dan dlm hubungan ilmu fiqih harus dipadu dgn ilmu tasawuf. Kalau tdk, maka fiqihnya adalah fiqih ad-Dhar (merusak dan merugikan), dan jadi Ulama’ ad-Dun-ya (ulama dunia/kosong spritual atau nilai ukhrawi).

Sebaliknya, jika ilmu yang tasawufnya saja (yakni tanpa fiqih/aturan / hukum Islam, maka akhirnya jadi orang-orang kebatinan, misal yang penting ingat kpd Allah sudah menganggap dirinya selesai ibadah, dlsb.

5. Ilmu Nafi’ ilmu itu adalah ilmu   yang mengutamakan keuntungan akhirat (zuhud), dan zuhud melahirkan Sakha’.

Dalam pengertian ini, yang namanya ilmu yang berguna dan membawa manfaat adalah ilmu yang mengedepankan atau mengutamakan kebahagiaan atau yg memberi keuntungan terhadap akhirat. Inilah disebut sbg zuhud. Dari zuhud inilah membuat pribadi kita “Sakha’” (dermawan, suka senyum, nggak emosian kpd sesama, memberi pertolongan baik kpd makhluk yg bernama manusia atau makhluk-makhluk lainnya).


2 responses to “Apa Itu Ilmu Nafi”

  1. Can I simply say what a comfort to find someone that actually understands what theyre discussing on the net. You actually realize how to bring a problem to light and make it important. More and more people really need to read this and understand this side of your story. I was surprised that youre not more popular since you definitely possess the gift.

  2. Hey there, I think your website might be having browser compatibility
    issues. When I look at your blog in Firefox, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.

    I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *